Apa sih itu SEO?

Buat kalian para blogger pasti sudah tidak asing mengenal kata SEO. Dan kalian pasti sudah sering sharing tentang SEO. tapi apa kalian sudah memahami tentang SEO? Nah jika yang belum paham betul mari kita pelajari disini dan saya kutip artikel ini karena saya ingin berbagi dan tidak lepas dari sumber-sumber lainnya :)
Apa sih itu SEO ?
SEO kependekan dari Search Engine Optimization, atau upaya untuk mengoptimasi sebuah web atau blog untuk mendapatkan peringkat terbaik di halaman mesin pencari seperti Google.
Kenapa SEO  dan apa Tujuan SEO ?
Bagi para blogger, apalagi seorang marketer yang namanya traffic pengunjung adalah idaman, karena itu adalah pilar untuk mempromosikan bisnisnya. Blogger yang berkecimpung di dunia PPC seperti google adsense juga berjuang keras agar blog nya bisa mendatangkan pengunjung yang melimpah. Seorang penjual online yang memperdagangkan produknya secara online juga akan sia-sia kalau produknya yang bagus tidak laku hanya karena website atau blognya sepi pengunjung. Ibaratnya sebuah pasar yang di bangun menarik dengan pedagang yang menjual barang-barang berkualitas tapi sepi pengunjung hanya karena lokasinya tidak strategis. Dan upaya seorang blogger untuk mendatangkan pengunjung tentunya melalui "Mesin Pencari" seperti google, yahoo, bing dll, karena faktanya sebagian besar pengguna internet selalu memanfaatkan mesin pencari untuk mendapatkan sesuatu yang di inginkan. Jadi jelas kenapa SEO  dan harus dilakukan optimasi blog tak lain adalah untuk mendapatkan peringkat teratas di halaman mesin pencari untuk mendapatkan ruang strategis dan mudah di lihat oleh pengunjung.
Bagaimana menjalankan Teknik SEO ? Mudah kah ?
Optimasi dengan menggunakan teknik SEO terus terang bukan perkara mudah. Bahkan banyak para marketer yang tidak menguasai teknik SEO harus membayar mahal ke pakar SEO untuk bisa mengoptimasi blognya. Hal yang wajar jika ini tidak mudah, mengingat kita harus bersaing dengan ribuan bahkan jutaan page-page yang tersebar di internet dengan keyword yang sama dengan blog kita. Berbagai teknik mulai "Cara aman (White Hat SEO)" sampai "Cara tidak aman(Black Hat SEO)" banyak di lakukan oleh blogger.
Black Hat SEO cara tidak aman (cara curang) dan tentunya beresiko sehingga blog kita bisa dibanned oleh mesin pencari. Untuk beberapa kasus dan contoh teknik Black Hat SEO akan di ulas di posting selanjutnya :)
White Hat SEO cara aman dan lazim biasa di gunakan oleh para blogger sebagai teknik untuk optimasi SERP di mesin pencari. Teknik ini sangat di anjurkan dan tentunya aman.


Cara aman memainkan Teknik SEO (White Hat SEO)
Jika kita memiliki blog dan ingin melakukan langkah-langkah optimasi dengan Teknik SEO, ada 2 hal yang bisa kita lakukan, yaitu : Onpage Optimization dan Offpage Optimization

Dan adapun cara-cara yang baik yaitu seperti ini 
ONPAGE OPTIMIZATION | ONPAGE SEO :
Teknik yang dilakukan oleh blogger terhadap internal blog itu sendiri, optimasi dan peningkatan kualitas blog dengan memperhatikan cara-cara seperti :
  1. Pemilihan Keyword yang tepat sesuai konten blog kita. Keyword yang di bidik disesuaikan dengan title blog kita
  2. Pemilihan template blog yang tepat dengan performance yang baik. Banyak SEO Tools yang tersedia di internet untuk menguji kualitas template blog kita, termasuk test CSS nya
  3. Penggunaan Header Tag : H1, H2, H3 secara benar
  4. Penggunaan simbol «|» pada title post
  5. META Tag yang benar dan mudah di kenali mesin pencari
  6. Kerapatan Keyword pada setiap postingan dan hindari Spamming Keyword dengan menulis keyword secara berulang-ulang (berlebihan)
  7. Penempatan Keyword pada awal dan akhir page
  8. Penggunaan ALT TAG yang tepat pada image di postingan blog.
OFFPAGE OPTIMIZATION | OFFPAGE SEO
Teknik Off Page SEO adalah bagian yang tidak kalah pentingnya dalam Teknik SEO. Inti dari Off Page SEO adalah "link building" atau mendapatkan backlink yang menuju ke blog atau halaman-halaman di blog.

Semakin banyak backlink yang dimiliki oleh sebuah halaman, semakin tinggi peluang halaman tersebut untuk bertengger di posisi teratas pada halaman pencarian. Analoginya begini, jika sebuah halaman memiliki banyak backlink dari website lain, mesin pencari akan menganggap halaman tersebut penting karena direferensikan oleh banyak website.

Jadi kegiatan Off Page SEO adalah mencari backlink sebanyak-banyaknya untuk blog serta halaman-halaman di dalamnya. Teknik ini sering juga disebut dengan teknik SEO link building. Link building tidak hanya mengejar kuantitas, tapi juga harus memperhatikan kualitas backlink agar benar-benar bisa mengangkat blog di mata mesin pencari.

Ada 2 hal yang berkaitan dengan Teknik Link Building ini :

  1. Anchor Text : teks atau tulisan yang mengandung link, atau secara sederhana penulis deskripsikan sebagai nama backlink
  2. Link Title : atribut berupa judul backlink yang biasanya akan muncul saat link tersebut disorot menggunakan kursor.