Kapan Kita Memberontak?

Ustadz Khalid Basalamah

Dari Ubadah bin Shamit dia berkata: "Kami berbaiat kepada Nabi untuk senantiasa mendengar dan taat kepada penguasa, baik perintahnya kami senangi maupun ketika perintahnya menzhalimi, dan baik ketika kami kesulitan maupun ketika kami dlm keadaan lapang, dan agar kami lebih mementingkan mereka dlm urusan dunia, dan agar kami tidak mengganggu urusan penguasa.” Beliau bersabda, “Kecuali jika kalian melihat kekufuran yg terang-terangan, yg kalian mempunyai alasan yg jelas dari Allah ttg kekafiran tersebut.” (HR. Bukhari no. 6532)

Dari Auf bin Malik, Nabi bersabda: "Dan sejelek-jelek pemimpin kalian adalah yg mereka membenci kalian dan kalian membenci mereka, mereka mengutuk kalian dan kalian mengutuk mereka.” Beliau ditanya, “Wahai Rasulullah, bolehkan kami memerangi mereka?” Beliau menjawab, “Tidak, selagi mereka masih mendirikan shalat di tengah-tengah kalian. Jika kalian melihat dari pemimpin kalian sesuatu yg tdk baik maka bencilah tindakannya, dan janganlah kalian melepas diri dari ketaatan kpd mereka.” (HR. Muslim no. 1855)

SYARAT BOLEHNYA KUDETA :

1) Nampak kekafiran yg jelas padanya. Jadi tdk cukup jika kekafirannya belum jelas apalagi sekedar main kafirkan seenaknya.

2) Punya kecukupan dan kemampuan sendiri baik dari sisi personil maupun persenjataan sehingga dia tdk butuh bantuan kpd orang luar.

Karena dikhawatirkan jika ada pihak luar yg membantu, justru pihak luar itu yg akan memanfaatkan mereka untuk merebut kekuasaan negara mereka sendiri.

3) Mafsadat yg lahir dari kudeta lebih kecil daripada mafsadat yg lahir jika mereka tdk kudeta. Ketika mafsadatnya lebih besar maka tdk boleh kudeta.

4) Yakin atau dugaan besar bisa menang. Ketika tdk ada kepastian maka tdk boleh kudeta karena hanya akan melahirkan banyak korban sementara maslahat yg ingin diraih tdk bisa dicapai.

5) Sebelum melakukan kudeta, kaum muslimin sudah harus bersepakat menunjuk satu orang sbg pemimpin kelak jika mereka sudah berhasil. Karena ketika kudeta berhasil sementara tdk ada calon yg disepakati maka dikhawatirkan akan timbul perang saudara karena memperebutkan kekuasaan

Simak video kajian islam lainnya di  @dakwah.vidgram

#yayanabuahmad
#kajianislam