Mengenal Qiyamul Lail Rasulullah Shallahu alaihi wasalam

Pemateri : Ustz. Apry Zakaria Ramadhan
📚 *Mengenal Sholat Malam (Qiyamul Lail) Rasulullah Muhammad SAW*

● Shalat malam adalah kebiasaan Baginda tercinta kita Rasulullah Muhammad SAW, semoga sholawat serta salam selalu kita curahkan kepada kekasih kita. Materi Menghayati Sejarah Nabi akan dibuka mengenai sifat shalat lail (malam) Rasulullah Muhammad SAW.

● Rasulullah SAW pada saat melakukan shalat malam terkadang beliau mengeraskan bacaannya dan terkadang melirihkannya. (HR. Nasai dengan sanad Shahih) dan juga beliau terkadang membaca surat pendek dan terkadang membaca surat panjang, bahkan pernah pula beliau membaca surat yang sangat panjang sehingga, Abdullah bin Mas’ud mengatakan:

صليت مع النبي صلى الله عليه وسلم: فلم يزل قائما حتى هممت بامر سوء، قيل: وما هممت؟ قال: عممت ان اقعد واذر النبي صلى الله عليه وسلم

“Saya pernah shalat lail bersama Nabi SAW. Beliau berdiri sangat lama sampai saya bermaksud melakukan sesuatu yang tidak baik.” Ada yang bertanya: ”Apa maksud tidak baikmu itu?” Jawabnya: ”Aku bermaksud duduk dan meninggalkan Nabi SAW sendirian.” (HR Bukhari dan Muslim)

● Hudzaifah bin yaman berkata, “Pada suatu malam saya shalat bersama Nabi SAW. Beliau membaca surat Al-Baqarah. Saya berkata (Menduga) mungkin Nabi akan ruku’ pada ayat keseratus, namun Nabi melanjutkannya. Saya berkata (menduga lagi) mungkin Nabi akan membaca surat Al-Baqarah ini untuk dua raka’at, namun Nabi melanjutkannya pula. Saya berkata (menduga lagi) mungkin Nabi akan ruku’ (setelah selesai membaca surat Al-Baqarah), namun beliau mulai membaca surat An-Nisaa’ sampai selesai. Beliau membaca juga surah Ali ‘Imran. Beliau membaca ayat per ayat. Bila menemui ayat tasbih, beliau mengucapkan subhanallah. Bila menemui ayat berisi permohonan, beliau mengajukan permohonan. Bila menemui ayat ta’awwudz, beliau memohon perlindungan kepada Allah dari setan, kemudian beliau ruku.” (HR. Muslim dan Nasai)

● Terdapat beberapa riwayat hadist yang menyebutkan bahwa ketika Rasulullah Muhammad SAW sakit beliau selalu melakukan Shalat malam dan membaca tujuh surat panjang.

قواليلة وهو وجع السبع الطوال

"Pada waktu sakit beliau pernah membaca tujuh surat panjang." ( HR. Abu Ya’la dan Hakim disahkan oleh hakim dan disetujui Dzahabi)

◈ Tujuh surat panjang menurut Ibnu Katsir yaitu: Al-Baqarah, Ali ‘Imran, An-Nisaa’, Al-Maidah, Al-An’am, Al A’raf, dan At-Taubah.

كان احيانا يقرا في كل ركعة بسورة منها

"Terkadang Juga setiap raka’at beliau membaca satu surat dari tujuh surat panjang tersebut." (HR. Abu Dawud dan Nasa’i dengan Sanad Shahih)

ماعلم انه قرا القران كله في ليلة {قط}

"Tdak pernah diketahui beliau membaca seluruh Al-Qur’an dalam semalam."

Bahkan beliau tidak senang hal itu dilakukan oleh orang sebagaimana sabda beliau kepada ‘Abdulullah bin ‘Amr. "Beliau memberi keringanan mengkhatamkan Al-Qur'an dalam lima hari." (HR. Nasai dan Tirmidzi)

من قرا القران فى اقل من ثلاث لم يفقهه

"Barangsiapa mengkhatamkan Al-Qur’an kurang dari tiga, tentu dia tidak akan dapat menghayatinya (HR. Nasai dan Tirmidzi)

Kemudian beliau memberi keringanan lagi dalam tiga hari (HR. Bukhari dan Ahmad), karena beliau bersabda,

لايغقه من قرا ااقران في اقل من ثلاث

"Tidak akan bisa menghayati orang yang mengkhatamkan Al-Qur’an kurang dari tiga hari.” ( HR Darimi dan Tirmidzi)

● Sumber: Sifat Shalat Nabi Edisi Revisi Muhammad Nashiruddin Al-Bani

🌏Web : komunitastahajjudberantai.org